Thursday, February 11, 2010

PR and SEO

Terus terang saya nggak terlalu tau masalah seo, dan nggak ada cara khusus yang saya lakukan, page rank juga nggak mikirin. saya banyak baca di forum-forum masalah seo dan sebagainya, tapi nggak terlalu ngurusin. kebetulan web/blog punya saya pake wordpress, jadi nggak pusing masalah seo. karena kalo pake wordpress udah search engine friendly, katanya.

Tentang page rank (Google Pagerank) saya juga nggak ngerti prosedurnya gimana biar page rank tinggi. Dulu saya pernah ngecek homepage blog ini page rank nya 5. Setelah itu nggak pernah ngecek lagi. kalo pengen ngerti, coba cari di google, pasti ada yang pernah membahas masalah ini.

Selalu saya katakan yang paling penting dari sebuah web adalah isinya. orang datang ke web kita karena isinya. selain itu, kalo berhubungan dengan search engine, supaya bisa bersaing dengan yang lain berarti memang isi web harus spesifik. Pertanyaannya adalah, “Apa yang bisa kamu berikan kepada pengunjung web/blog kamu?“. Kalo kamu bisa memberikan sesuatu yang berguna untuk orang lain, maka mereka akan selalu datang dan merekomendasikan web/blog kamu kepada orang lain. Bagaimana dengan search engine? kalo isi web kamu spesifik dan jarang sekali ada di web lain, maka kemungkinan besar web kamu akan muncul di hasil pencarian di search engine.

Jangan salah sangka, bukannya saya nggak pengen ngasih tau, tapi memang karena nggak tau. prinsip saya kalo bikin web ya di isi ajah, ntar kalo orang nyari di search engine, dan kita pernah menulis/membahas hal itu pasti keluar juga, entah dihalaman pertama atau halaman terakhir, biasanya tergantung tingkat relevansi keyword yang dipake dan apa yang ada di halaman web kamu. karena pentingnya isi/konten web, ada yang bilang “Content is King“, artinya isi web adalah hal terpenting dari semuanya, semakin banyak isi web, dan semakin spesifik isi web, kemungkinan untuk keluar di search engine akan lebih besar, tentunya setelah halaman web kamu ter-index oleh search engine.

Saya harap ini terakhir kali saya menjawab pertanyaan seperti ini, karena ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanya, dan tentu saja sudah sering saya tulis di blog ini. Silahkan lihat kategori adsense di blog ini untuk informasi lainnya yang berhubungan. Kalo nggak ketemu silahkan pake fasilitas pencari. Atau silahkan ikut forum dan ajukan pertanyaan, siapa tau ada temen-temen lain yang ngerti masalah ini, dan bisa memberikan jawaban yang memuaskan.

No comments: